Contoh Soal CPNS Terbaru CAT Online dan jawaban (PDF)

Kami akan memberi sample soal baik itu soal CAT CPNS ataupun soal PDF CPNS yg sanggup diunduh supaya dijadikan bahan latihan dalam rangka persiapan mengikuti tes CPNS 2016 yg bakal serentak.
Sebelum sampel soal ini diberikan banyak perihal yang kami kira teramat penting untuk diketahui sebab berkaitan kelulusan dalam tes CPNS yg dapat saudara ikut, yaitu ;

PASSING GRADE CAT atau ambang batas nilai, apa itu passing grade dan berapa passing grade yg ditetapkan terhadap tes CPNS menggunakan CAT Online!?

Nilai Passing Grade khusus TKD yang ditentukan Kemenpan ini akan menentukan setiap peserta, apakah peserta tersebut lulus dan bisa mengikuti test selanjutnya apakah peserta itu dinyatakan tidak lulus. Setelah dinyatakan lulus dan memenuhi nilai Passing Grade TKD, maka setiap peserta berhak untuk mengikuti test selanjutnya yaitu Test Kompetensi Bidang CPNS, dimana pelaksanaan test TKB ini pelaksanaannya adalah diserahkan kepada kementerian atau lembaga yang bersangkutan.

Dalam ketetapan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 35/2013 tentang Nilai Ambang Batas TKD Seleksi CPNS dari Pelamar Umum tahun 2013, berikut adalah nilai passing grade untuk tahun 2013.


Passing Grade bagi instansi yang menggunakan CAT

Kriteria nilai ambang batas
nilai ambang batas
1
60 % dari nilai maksimal tes karakteristik pribadi
105
2
50 % dari nilai maksimal tes intelegensia umum
75
3
40 % dari nilai maksimal tes wawasan kebangsaan
70


Untuk peserta TKD dengan sistem CAT nilai karakteristik pribadi minimal harus mencapai 60% dari nilai maksimal yakni 175, yakni 105. Sedangkan intelegensia umum, nilai minimalnya 75 (50%) dari nilai maksimal, dan wawasan kebangsaan nilai minimalnya 70. Adapun passing grade untuk peserta TKD dengan sistem LJK, nilai karakteristik pribadi minimal 108, intelegensia umum minimal 70, dan wawasan kebangsaan 64.


Untuk penilaian tes karakteristik pribadi (TKP) tidak ada nilai 0 (nol), tetapi kisaran skornya 1 – 5. Sedangkan nilai untuk intelegensia umum dan wawasan kebangsaan, kalau salah 0 (nol) kalau benar nilainya 5 (lima).

Nilai kelulusan tiap peserta adalah harus terpenuhi untuk setiap kelompok soal harus terpenuhi, dan perhitungan kelulusan tidak berdasarkan akumulasi penjumlahan nilai keseluruhan.


Passing Grade di atas sewaktu waktu bisa berubah sesuai dengan peraturan dari Kemenpan. kami kira tidak akan berbeda jauh dengan apa yang ada di atas untuk tahun 2017 ataupun 2018.


Berikut contoh soal CPNS yg dapat kami berikan & seandainya berkenan tolong share atau bagikan ke kawan-kawan lain yg membutuhkan,, TERIMA KASIH sudah berkunjung, silakan download.

Comments

Post a Comment